UPDATING DATA KEPEGAWAIAN PNS DAN TENAGA KONTRAK DALAM APLIKASI SIK (SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN)

Selasa. 23 Juli 2019 –

dalam upaya meningkatkan kualitas sistem administrasi kepegawaian melalui pemutakhiran database ASN (PNS dan Tenaga Kontrak) dengan rekonsiliasi data kepegawaian setiap ASN melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing sehingga diperoleh data yang akurat dan akuntabel. BKD Kota Madiun melakukan kegiatan
update data kepegawaian PNS dan Tenaga Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun yang menghadirkan pejabat pengelola kepegawaian dan admin SIK OPD dengan narasumber dari Sub Bidang Pengelolaan Data Kepegawaian dan Sub Bidang Formasi dan Pengembangan Karier Pegawai serta dibuka langsung oleh Kabid Formasi, Pengembangan, dan Administrasi Kepegawaian. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah masing-masing admin SIK diharapkan untuk dapat menginput data kepegawaian dan proses perpanjangan kontrak bagi tenaga kontrak yang ada di Lingkungan OPD melalui aplikasi SIK. Selanjutnya dalam upaya pemutakhiran data PNS masih ditemui kendala yaitu masih rendahnya kesadaran PNS dalam peremajaan data sehingga perlu adanya punishment (sanksi) bagi PNS yang belum melaksanakan update data.



PENYUSUNAN KEBUTUHAN PPPK DAN CPNS TAHUN 2019

Jum’at, 12 April 2019 – Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun kebutuhan pegawai di setiap perangkat daerah yang masih kurang mengingat akan dilaksanakan kembali rekruitmen PPPK dan CPNS pada Tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh semua pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah dan yang menjadi narasumber adalah Kepala Sub Bidang Formasi dan Pengembangan Karir Pegawai dan Kepala Sub Bidang  Kelembagaan dan Analisa Jabatan. Melalui kegiatan ini diharapkan pihak pengelola dapat merekapitulasi jumlah dan jenis jabatan yang dibutuhkan di perangkat daerah masing-masing dengan memperhatikan Anjab dan ABK yang ditandatangani oleh Pejabat masing-masing untuk nantinya dijadikan sebagai dasar usulan formasi PPPK dan CPNS Tahun 2019.

PENYERAHAN SK WALIKOTA

Kamis, 28 Maret 2019 penyerahan SK CPNS tahun 2018 terhadap 171  formasi pegawai  dengan rincian per jabatannya yaitu jabatan tenaga pendidik sejumlah 76 formasi, jabatan tenaga kesehatan sejumlah 46 formasi dan jabatan tenaga teknis sebanyak 49 formasi dari 3500 pendaftar ini dibuka oleh Bapak R. Andriono Waskito Murti, S.H. mewakili Walikota Madiun yang berhalangan hadir dan Bapak Istono selaku Ketua DPRD Kota Madiun. Bapak Andriono berpesan kepada seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil Kota Madiun agar menjadi Pegawai Negeri Sipil yang berintegritas, memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Negara, dan memiliki Inovasi untuk memajukan Bangsa dan Negara khusus nya Pemerintah Kota Madiun.  Acara berlangsung dengan khitmad.

PEMBEKALAN CPNS TAHUN 2018

Jum’at, 29 Maret 2019 bertempat di Aula Wisma Haji Kota Madiun diadakan Pembekalan CPNS formasi tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta yaitu CPNS yang telah melewati berbagai tahapan tes dan dinyatakan lolos pada tahun 2018. Di tahun ini merupakan kali pertama pelaksanaan rekrutmen CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dimana para peserta dapat langsung mengetahui hasil tes yang dilaksanakan dan bisa meminimalisir kecurangan yang selama ini menjadi paradigma kebanyakan masyarakat. Hari kedua pembekalan dibuka oleh Sdr. Drs.Ec. Joedi Riandono, M.M. selaku Kepala Bidang Formasi, Pengembangan dan Administrasi Kepegawaian, terdapat beberapa fokus materi yang diberikan kepada peserta CPNS sebelum penyerahan SK Walikota, materi yang diberikan pertama adalah memberikan pemahaman dan penguatan mengenai Jabatan Fungsional yang dinarasumberi oleh Dewi Ratna Indah, S.IP, M.Si selaku Kepala sub Bidang Formasi dan Pengembangan Pegawai sekaligus yang menangani kegiatan rekrutmen CPNS di Kota Madiun Tahun 2018. Para peserta diberi pengetahuan tentang jenis jenis jabatan fungsional dan ketentuan kententuan yang berlaku pada setiap jabatan itu berbeda mulai dari uraian tugas hingga tunjangan yang didapatkan setiap jabatan berbeda beda. Dengan demikian para peserta CPNS mengetahui tentang apa saja kewajiban dalam jabatannya serta apa saja hak yang bisa didapatkan. Materi kedua yang disampaikan yaitu mengenai tata cara, langkah langkah dan apa saja yang diperlukan dalam pengisian SIK atau Sistem Informasi Kepegawaian Kota Madiun, tuntunan dalam pengisian Kartu Daftar Riwayat Hidup dengan Narasumber Sdr. Dra. Arum Widiasti, M.M. Selaku Kepala sub Bidang Pengelolaan Data Kepegawaian. Dan materi ketiga yang diberikan oleh Sdr. Wahyu Priyo Budi Jatmiko Selaku Kepala sub Bidang Administrasi Kepegawaian yaitu tentang kelengkapan administrasi pegawai dan Kode Etik PNS.

ASISTENSI PENGISIAN E-FORMASI

sebagai tindak lanjut dari kegiatan penyusunan kebutuhan CPNS dan PPPK yang sebelumnya diadakan pada Hari Jum’at tanggal 12 April 2019. Rabu, 29 Mei 2019 di Gedung Diklat Kota Madiun dengan Narasumber Kepala Bidang Formasi, Pengembangan dan Administrasi Kepegawaian, Kasubid Formasi dan Pengembangan Karir Pegawai beserta Kasubid Kelembagaan dan Analisa Jabatan dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, seluruh pengelola Kepegawaian dari masing-masing perangkat daerah mengisi jabatan dan jumlah formasi yang dibutuhkan pada aplikasi E-Formasi Kementrian Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia yang dipandu dan di berikan pengarahan secara langsung oleh Narasumber.